Too many things that sliwer2 in my mind and ..

Too many things that I want to write and end up with nothing.

Pernah kejadian ga?

Banyak banget yang pengen ditulis, saking banyaknya, jadi ga nulis apa-apa hahaha.
Atau maksimal tulisannya ga kelar-kelar, berakhir di draft lagi, dan lagi. :mrgreen:

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Saya coba renungi. Saya melihat pada diri saya diantaranya karena:
– Gak fokus
– Perfeksionis

Ayo bahas…

Mungkin penyebab gagal nulis bagi setiap orang bisa berbeda, namun 2 poin itu penyebab utama bagi saya.

– Tidak Fokus
Saking terlalu banyaknya ide berseliweran. Muncul dari mana-mana, membuat diri saya sulit fokus. Atau bisa dibilang jadi hilang fokus.

Lagi mau nulis topik A, bikin kerangkanya, eh tiba-tiba ke-ide-an tentang topik B, terus topik C, dan seterusnya.

Ini yang menjadi gangguan nyata. Seringkali ide tulisan dadakan yang baru itu cenderung lebih menarik, daripada yang sedang saya tulis. haha. Benar-benar godaan.

Disinilah, saya harus benar-benar belajar fokus. Selesaikan apa yang telah dimulai.
Bila loncat-loncat terus. Gak kan ada tulisan yang kelar.

– Perfeksionis
Ingin membuat karya yang sempurna.

Rasa ingin membuat karya yang super keren, membuat tulisan menjadi lama untuk selesainya.
Dikit-dikit merasa ada yang kurang. Misalnya kurang greget kalau cuma opini pribadi tanpa fakta.
Terus kadang membandingkan tulisan pribadi dengan tulisan orang lain, meski orang tersebut bukan penulis terkenal, tetep merasa tulisan dia lebih bagus. Apalagi kalau ngebandingin ama penulis professional.. jauuuh.. hahayyy.

Saya menyadari, belajarlah untuk menerima diri sendiri.
Jangan terlalu sering membandingan karya diri dengan orang lain.
Membandingkan boleh, namun untuk memotivasi, bukan malah bikin minder.

Saya kira, orang yang mudah menulis itu karena mereka sudah terbiasa. Orang yang tulisannya keren-keren itu, karena jam terbang mereka sudah banyak.

Masukan terakhir. Niat.
Kita harus sering-sering mengingatkan diri sendiri, karena manusia itu yang sering lupa, apa niat kita nulis di blog?

Apa kerena sekedar iseng, mengembangkan hobby, sebagai portofolio pekerjaan, ingin eksis, ingin jadi sarana dakwah, ingin banyak teman, atau apapun itu.

Niat atau tujuan bisa lebih dari satu.

Tapi cobalah urutkan berdasarkan tingkat prioritasnya.
Dan prioritas yang tepat adalah yang lebih mendekatkan kita pada Allah SWT.

Leave a Reply

